Minggu, 08 Januari 2012

Wisata Kiamat di Palenque Chiapas, Mexico

Rerentuhan Bangsa Kuno Maya di Palenque Chiapas,Mexico

Wisatawan mancanegara tengah merencanakan perjalanan ke Meksiko pada 21 Desember 2012 yang dipercaya sebagai tanggal kiamat. Beberapa biro perjalanan wisata di dunia memanfaatkan hal ini dengan membuat paket perayaan kiamat.

Meksiko diperkirakan akan menerima 50 juta wisatawan yang datang karena hal tersebut. Tanggal 21 Desember 2012 sebenarnya menandai akhir dari kalender bangsa kuno Maya. Salah satu wisatawan yang banyak merencanakan wisata kiamat ini adalah wisatawan asal Australia.

Seperti yang diutarakan Meg Hall, dari biro perjalanan Chimu Adventures yang biasa menangani wisatawan asal Australia untuk tur ke kawasan Amerika Latin, ia menyebutkan bahwa perusahaannya telah banyak menerima permintaan dari calon wisatawan yang tertarik pergi ke Meksiko dalam rangka "kiamat".

"Mereka menanyakan acara apa saja yang akan berlangsung di sana. Ini merupakan hal yang aneh sampai orang tertarik akan hal ini, tapi saya pikir ini akan menjadi acara yang unik. Orang-orang tidak akan memesan sampai mendekati tanggal keberangkatan, tapi jelas ini akan menjadi bisnis yang sibuk. Banyak orang Australia yang akan pergi ke sana," jelasnya.

Senada dengan Hall, Sales and Marketing Manager Tucan Travel Todd Barry mengatakan adanya peningkatan permintaan berwisata ke Meksiko di Desember 2012, terutama permintaan untuk ikut tur "Mayan Circle". Dalam paket tur ini, wisatawan akan mengunjungi beberapa situs peninggalan Maya.

"Kami mengharapkan kenaikan pemesanan dalam beberapa bulan ke depan. Sebagian besar orang baru mulai merencanakan liburan mereka ke daerah sana, yang sebenarnya musim ramai untuk berwisata jadi harganya pun paling mahal," katanya.

Pemerintah Meksiko gencar mempromosikan kampanye pariwisata "Mundo Maya 2012" dan tengah merencanakan beragam perayaan untuk hari tersebut. Kota Tapachula, di perbatasan Guatemala, telah memasang jam digital raksasa yang menghitung mundur sampai tanggal 21 Desember 2012.

Sebuah museum baru bertemakan bangsa Maya akan dibuka di Yucatan pada bulan Juni 2012. Sementara turis di resor-resor sekitar Cancun dan Playa Del Carmen menaruh pesan dan foto di sebuah "kapsul waktu" yang akan dikubur selama 50 tahun.

Arkeolog Meksiko percaya tahun 2012 tersebut merujuk pada batu berusia 1.300 tahun yang menandai akhir dari kalender bangsa Maya, bukan sebagai sebuah kiamat. Peradaban Maya yang mencapai puncak kejayaan di 300-900 SM terkenal ahli dalam bidang astronomi.

Sumber : http://kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Saat anda berkomentar,mohon jangan menulis kata-kata yang kotor dan menulis kata-kata yang tidak berkaitan dengan Artikel yang anda baca.Selengkapnya,silakan baca disini.Jika anda melanggarnya,komentar yang anda sampaikan akan saya hapus.