Minggu, 08 Januari 2012

Sembilan Keajaiban Kuno Khas Timur Tengah

Berikut ulasan mengenai keajaiban Timur Tengah kuno, seperti dikutip CNN, Jumat (6/1/2012):

Persepolis, Iran

 
Madain Saleh, Arab Saudi

Baalbek, Lebanon
Dikenal sebagai Kota Matahari, Baalbek yang terletak di Bukit Bekaa yang subur ini memiliki salah satu reruntuhan peninggalan Bangsa Roma yang terbaik di Timur Tengah. Reruntuhan ini bahkan hampir menyaingi reruntuhan di Roma dan setiap tahun banyak dikunjungi peziarah dari Roma. Untuk menghormatinya, setiap tahun Baalbek menggelar sebuah festival seni di reruntuhan ini.

Persepolis, Iran
Terletak 70 kilometer dari Kota Shiraz, Persepolis dulunya merupakan Ibu Kota Kerajaan Persia kuno. Kota ini ditemukan pada abad ke-6 sebelum Masehi. Persepolis merupakan sebuah kompleks Istana yang dibangun oleh Darius sang Agung, Raja Pertama Persia. Meskipun sudah berumur puluhan abad, sisa-sisa kompleks istana masih terlihat megah.

Shibam, Yemen
Shibam adalah kota abad ke-16 yang dikelilingi tembok. Kota yang terkenal dengan arsitekturnya ini mendapat julukan "Manhattan Gurun" karena struktur menaranya yang tinggi seperti gedung-gedung di kota Manhattan, Amerika Serikat. Shibam dulunya merupakan tempat persinggahan caravan yang membawa dagangan rempah-rempah di selatan dataran Arab.

Karnak, Mesir
Karnak merupakan kompleks kuil kuno Mesir yang penuh dengan tempat meditasi, obelisk, kios-kios, tiang-tiang dan Kuil Besar Dewa Amun. Kuil didedikasikan untuk Dewa Amun, salah satu dewa besar dalam mitologi Mesir. Karnak adalah nama modern tempat ini, nama aslinya adalah Ipet-Isut atau "Kota Suci yang Terpilih".


Crac des Chevaliers, Syria
Tempat ini merupakan peninggalan kastil bekas Perang Salib di Abad ke-11 yang dulunya didiami Bangsa Kurds. Kini, tempat ini merupakan salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO.

Mada'in Saleh, Arab Saudi
Situs arkeologi pra-Islam ini merupakan situs Warisan Dunia UNESCO pertama di Arab Saudi. Keutamaan situs adalah adanya sisa-sisa peradaban Nabatean yang hidup lebih dari 1,000 tahun yang lalu. Situs ini merupakan situs kerajaan terbesar setelah Petra di Jordan.

Troy, Turki
Pertama kali didiami oleh manusia pada masa Perunggu, Troy merupakan salah satu situs kuno yang paling terkenal di dunia. Situs ini merupakan tempat dimana terjadinya Perang Troy antara bangsa Spartan dan Achaean dari Yunani pada abad ke-13 dan ke-12 sebelum Masehi.

Carthage, Tunisia
Situs ini ditemukan oleh orang Fenisian pada abad ke-9 sebelum Masehi di Teluk Tunis. Karena lokasinya strategis, tempat ini dijadikan tempat perdagangan kerajaan Mediterania. Carthage kemudian dihancurkan oleh bangsa Roma pada abad ke-146 sebelum Masehi saat Perang Punic. Kemudian, di reruntuhan ini bangsa Roma membangun ulang Carthage dengan desain khas Romawi kuno.

Babylon, Irak
Taman Gantung Babilonia yang terletak di pusat kota Mesopotamia kuno merupakan salah satu keajaiban dunia. Reruntuhan yang berasal dari peninggalan Raja Nebuchadnezzar I pada tahun 605-563 sebelum Masehi ini merupakan pengingat bagi sejarah kuno Irak yang kaya.

Sumber : okezone.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Saat anda berkomentar,mohon jangan menulis kata-kata yang kotor dan menulis kata-kata yang tidak berkaitan dengan Artikel yang anda baca.Selengkapnya,silakan baca disini.Jika anda melanggarnya,komentar yang anda sampaikan akan saya hapus.