Jumat, 06 Januari 2012

Apakah Phobos-Grunt Bisa Dilihat Di Indonesia ?

Hanya ada beberapa perlintasan saja di mana Phobos-Grunt visible alias bisa dilihat. 


Berikut waktu Phobos-Grunt bisa dilihat berdasarkan situs www.heavens-above.com



8 Januari 2012 dengan magnitud 3,5 sekitar pukul 18.47 WIB
9 Januari 2012 dengan magnitud 3,4 sekitar pukul 18.20 WIB
13 Januari 2012 dengan magnitud 2,5 sekitar pukul 05.26 WIB 
14 Januari 2012 dengan magnitud 2.0 sekitar pukul 04.57 WIB. 

Nah, bisakah kita melihatnya dalam waktu-waktu tersebut? Perlu diketahui bahwa benda dengan magnitud 2 - 2,5 sudah terlihat sangat redup. Jadi, dengan magnitud tersebut, cukup sulit bagi manusia di Bumi untuk melihatnya, harus menemukan tempat yang tepat.

"Ini butuh langit yang benar-benar gelap agar bisa mengamatinya. Kalau di seputaran jakarta sepertinya sangat sulit," jelas astronom Ma’rufin Sudibyo lewat Facebook, Jumat (6/1/2012). 

Meski demikian, Ma’rufin mengatakan bahwa pengamatan Phobos-Grunt sebenarnya tidak perlu dilakukan dengan teleskop. Selain masih pada batas penglihatan manusia, gerak Phobos-Grunt juga sangat cepat sehingga jika teleskop tak dilengkapi tracking otomatis, justru akan menyulitkan. 

Tempat tepat untuk melakukan pengamatan Phobos-Grunt adalah di wilayah yang lapang dengan langit yang gelap, minim polusi cahaya. Ingat, butuh mata yang cermat untuk mengamati benda redup yang bergerak cepat seperti Phobos-Grunt.


Sumber : kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Saat anda berkomentar,mohon jangan menulis kata-kata yang kotor dan menulis kata-kata yang tidak berkaitan dengan Artikel yang anda baca.Selengkapnya,silakan baca disini.Jika anda melanggarnya,komentar yang anda sampaikan akan saya hapus.