Minggu, 08 Januari 2012

Daftar Wisata Alam Liar Terbaik di Dunia

Berikut adalah beberapa wisata alam liar terbaik di dunia, seperti dikutip dari BBC, Minggu (8/1/2012):

Kerajaan Kupu-Kupu, di Meksiko

 Marathon Sarden, Afrika Selatan

Tebing Burung Latrabjarg, Islandia
Tebing setinggi lebih dari 400 meter yang membentang sepanjang 12 kilometer dari bagian barat Islandia ini merupakan habitat alami jutaan burung-burung liar, yang terbang bermigrasi setiap musim panas. Burung-burung yang berhabitat di sini adalah jenis spesies burung laut, seperti Razorbills, Guillemots, Fulmars, Cormorants, dan Kittiwakes. Akses menuju kawasan liar tebing ini dapat dicapai menggunakan bus umum yang sayangnya hanya beroperasi tiga kali dalam sepekan dari Isafjordur, kota utama di bagian barat Islandia.

Kerajaan Kupu-Kupu, Meksiko
Fenomena di Meksiko ini adalah salah satu fenomena unik. Setiap tahun saat musim dingin, jutaan kupu-kupu Monarch dari Amerika Serikat dan Kanada bermigrasi ke Kota Angangueo dan bertengger di pohon-pohon yang ada di hutan Fir.

Melihat pemandangan kupu-kupu migrasi ini sangat menakjubkan, mulai dari terbang memenuhi langit dengan warna sayap oranye dan hitamnya, kemudian bertengger di pohon tinggi dan memenuhi hingga ke cabang-cabang pohon tersebut.

Migrasi Besar, Tanzania dan Kenya
Setiap tahun, sekira 1,3 juta Wildebeest atau Antelope besar melintasi sabana di Afrika Timur bersama ribuan zebra, gazelle, dan predator yang mengintai mereka untuk bermigrasi. Hewan-hewan ini berdiam dari Desember hingga Mei di Serengeti, Tanzania, kemudian berpindah ke Masai Mara, Kenya, hingga November. Migrasi besar-besaran ini sangat menarik, biasanya agen-agen wisata menyediakan paket melihat migrasi ini menggunakan helikopter.

Makan malam bersama beruang, Alaska
Setiap Juni hingga Agustus, merupakan saat tepat bagi pencinta hewan untuk melihat beruang di habitat aslinya. Pada bulan-bulan tersebut, ikan-ikan salmon kembali dari laut ke sungai, dan ribuan salmon ini telah ditunggu ratusan beruang di kawasan hutan di barat daya Alaska.

Hutan ini memang habitat beruang coklat besar yang makanan utamanya ikan salmon. Ini adalah kesempatan sebelum beruang-beruang kembali ke sarangnya untuk tidur selama musim dingin.

Berkumpul dengan gajah, Sri Lanka
Setiap Agustus dan September, Anda dapat melihat ratusan gajah besar melintas menuju Minneriya Tank, sebuah danau reservoir besar yang dibuat Raja Mahasen. Di sini, Anda dapat melihat lebih dari 300 gajah merumput, minum, dan bermain. Ini adalah kesempatan unik untuk melihat bagaimana gajah-gajah liar berinteraksi dengan penuh semangat.

Kehidupan malam kelelawar, Sarawak, Malaysia
Gua Dear di Taman Nasional Gunung Mulu, Malaysia, merupakan tempat tinggal sekira tiga juta kelelawar. Namun, pengunjung tidak dianjurkan memasuki gua karena dipenuhi tumpukan kotoran-kotoran kelewar.

Para pengunjug dapat menonton dari balik hutan di bawah mulut gua saat sore menjelang malam. Ini adalah momen ketika jutaan kelelawar meninggalkan tempat tinggalnya untuk mencari makan dan memenuhi langit dengan kepakan sayap hitamnya.

Memberi makan paus pembunuh, Argentina
Tanjung Valdes di Argentina, merupakan habitat bagi ratusan paus pembunuh. Di pantai dekat tanjung ini juga tempat tinggal singa laut, yang merupakan makanan utama paus pembunuh. Singa laut biasanya berada di pantai saat Januari, jadi Anda bisa menikmati saat mereka menyergap singa laut pada Februari dan April ketika air laut sedang pasang.

Marathon Sarden, Afrika Selatan
Melihat ikan berenang mungkin tidak menarik bagi Anda, namun melihat jutaan ikan sardin berenang di perairan KwaZulu-natal pastilah tidak biasa. Setiap Mei hingga Juli, jutaan ikan sarden berenang di perairan dengan cepat, diiringi hiu dan lumba-lumba yang mengincar mereka untuk dijadikan makanan. Pemandangan sarden maraton dapat dilihat dari dalam laut dengan diving atau snorkeling, juga dapat terlihat dari permukaan laut di atas kapal.

Sumber : okezone.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Saat anda berkomentar,mohon jangan menulis kata-kata yang kotor dan menulis kata-kata yang tidak berkaitan dengan Artikel yang anda baca.Selengkapnya,silakan baca disini.Jika anda melanggarnya,komentar yang anda sampaikan akan saya hapus.