Jumat, 06 Januari 2012

200 Kg Komponen Phobos-Grunt yang Bisa Jatuh Ke Bumi

Dampak jatuhnya Phobos-Grunt diperkirakan jauh lebih massif dari sampah antariksa yang jatuh sebelumnya, Upper Atmosphere Research Satellite (UARS) milik NASA dan Roentgen Satellite (Rosat).

Phobos-Grunt

"Dengan massanya yang jumbo yakni 13,2 ton Phobos-Grunt diperkirakan bakal menyisakan sedikitnya 200 kg komponennya selamat dari pemanggangan hebat di atmosfer untuk menghantam muka Bumi," kata astronom Ma'rufin Sudibyo lewat Facebook, Kamis (5/1/2012).

Material yang mungkin jatuh termasuk kapsul tahan panas yang dirancang bisa selamat kembali ke Bumi membawa sampel batuan dan tanah Mars. Selain itu, bahan Dimetil Hidrazin dan Nitrogen Tetraoksida juga diperkirakan akan masuk ke Bumi karena tak habis menguap di udara.

Dampak jatuhnya Phobos-Grunt ada dua. Jika komponen jatuh ke kawasan padat penduduk, peristiwa seperti jatuhnya meteor di Duren Sawit bisa terulang. Sementara, bahan Dimetil Hidrazin dan Nitrogen Tetraoksida juga bisa membahayakan karena menyebabkan tangan melepuh dan mengalami luka bakar.

Masyarakat Indonesia, kata Ma'rufin, harus waspada dengan dampak jatuhnya wahana ini. Pasalnya, dalam rentang waktu 9-20 Januari 2011, wahana ini melintasi langit Indonesia. Menurut analisis Ma'rufin, dalam sehari wahana ini bisa melintasi Indonesia dua kali.


Sumber : kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Saat anda berkomentar,mohon jangan menulis kata-kata yang kotor dan menulis kata-kata yang tidak berkaitan dengan Artikel yang anda baca.Selengkapnya,silakan baca disini.Jika anda melanggarnya,komentar yang anda sampaikan akan saya hapus.