Kamis, 12 Januari 2012

Inilah Kemungkinan Lokasi Jatuhnya Phobos-Grunt di Indonesia

Selama rentang waktu 9-20 Januari 2012, Phobos-Grunt melewati wilayah Indonesia. Jadi, ada kemungkinan wahana tersebut jatuh di wilayah Tanah Air.


Astronom Ma'rufin Sudibyo lewat akun Facebook, Rabu (11/1/2012), mengatakan, "Bagi Indonesia, daerah yang harus mewaspadai adalah Sulawesi Utara, Pulau Buru, Pulau Seram, Pulau Irian, dan Pulau Biak bagi kawasan timur."

Sementara itu, bagi kawasan Indonesia barat, daerah yang harus mewaspadai adalah seluruh pulau Sumatera, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY, Jawa Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Timur.

Sejauh ini, tidak ada prediksi pasti di mana dan kapan Phobos-Grunt jatuh. Rentang wilayah jatuhnya wahana ini sangat luas, yaitu 51 derajat LU hingga 51 derajat LS.

Kemungkinan wahana jatuh di daratan atau kawasan padat penduduk. Namun, kemungkinan lain tetap ada sehingga perlu diwaspadai.

Ma'rufin mengingatkan bahwa jika wahana nanti benar-benar jatuh di daratan, warga diminta untuk tidak mendekati ataupun menyentuhnya. Warga juga diminta melaporkan ke pihak berwenang, yakni Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (Lapan).

Sumber : kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Saat anda berkomentar,mohon jangan menulis kata-kata yang kotor dan menulis kata-kata yang tidak berkaitan dengan Artikel yang anda baca.Selengkapnya,silakan baca disini.Jika anda melanggarnya,komentar yang anda sampaikan akan saya hapus.