Jumat, 06 Januari 2012

Pesta Danau Toba 2012 Kembali Digelar

Pesta Danau Toba akan kembali digelar pada Juni 2012 mendatang dengan Kabupaten Simalungun sebagai tuan rumah.

Pemilihan Kabupaten Simalungun mendapat giliran agar terjadi pemerataan daerah agar lebih dikenal.

Tujuan penyelenggaraan pesta pada bulan Juni dikarenakan bulan tersebut merupakan saat liburan yang cukup panjang sehingga wisatawan berkesempatan memilih destinasi lainnya. Penyelenggaraan juga akan digilir pada tiap kabupaten sekitar Danau Toba yang berjumlah tujuh kabupaten.

Menurut Kepala Bidang Promosi Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatra Utara (Sumut), Muchlis, pemberitahuan penetapan waktu pelaksanaan Pesta Danau Toba sejak jauh hari diharapkan agar biro perjalanan tidak kesulitan dalam penjualan paket wisata.

"Karena biasanya biro perjalanan menjualnya enam bulan sebelumnya," katanya.

Berdasarkan pemaparan Direktur Eksekutif Badan Promosi Pariwisata Daerah Sumut, Arthur Batubara, hal tersebut juga dilakukan sebagai antisipasi mengingat pada tahun selumnya banyak rumah penduduk yang dijadikan sebagai home stay akibat lonjakan wisatawan.

Pesta Danau Toba juga dirayakan guna meningkatkan pariwisata Sumut secara menyeluruh karena banyaknya tempat wisata lainnya di Sumut, misalnya Pulau Nias yang populer sebagai spot surfing terbaik dunia.

Beberapa progam acaranya antara lain pentas tari dan musik, seni budaya, hiburan artis ibukota dan lokal, festival tari daerah, festival Gondang (alat musik tabuh khas Batak), dan festival suling. Nanti juga akan ada penciptaan rekor Muri untuk pemukulan Gondang selama 72 jam.

Sumber : mediaindonesia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Saat anda berkomentar,mohon jangan menulis kata-kata yang kotor dan menulis kata-kata yang tidak berkaitan dengan Artikel yang anda baca.Selengkapnya,silakan baca disini.Jika anda melanggarnya,komentar yang anda sampaikan akan saya hapus.