Minggu, 01 Januari 2012

Phobos-Grunt Akan Jatuh di Afganistan

Wahana luar angkasa Rusia, Phobos-Grunt, yang gagal melakukan perjalanan ke Phobos, salah satu satelit alam planet Mars, diperkirakan akan jatuh di wilayah Afganistan, 14 Januari 2012 mendatang. Demikian diungkapkan Komando Strategis Amerika Serikat (USSTRATCOM), Senin (26/12/2011).

Pesawat, yang sedianya akan mendarat di Phobos, mengambil sampel tanah dan batuan, kemudian kembali lagi ke Bumi, itu, gagal menyalakan mesin pendorong yang seharusnya mengarahkan pesawat itu menuju jalur perjalanan ke orbit Mars. Wahana luar angkasa itu kemudian "nyangkut" di orbit Bumi sejak diluncurkan pada 9 November, dan diperkirakan akan jatuh ke permukaan Bumi bulan depan.

USSTRATCOM mengatakan, Phobos-Grunt akan memasuki atmosfer Bumi 14 Januari pukul 02.22 dini hari waktu Moskwa, dan akan jatuh di sekitar koordinat 30,7 derajat Lintang Utara dan 62,3 derajat Bujur Timur di kawasan Afganistan barat daya, di sekitar kota Mirabad.

Badan Luar Angkasa Federal Rusia, Roscosmos, sebelumnya mengatakan, pesawat itu akan jatuh 6-19 Januari 2012, di lokasi yang terentang antara koordinat 51,4 derajat Lintang Utara dan 51,4 derajat Lintang Selatan.

Kawasan itu meliputi wilayah AS, China, Afrika, Australia, Jepang, Timur Tengah, Eropa barat daya, Ukraina, dan sebagian kecil wilayah Rusia. Meski demikian, Roscosmos belum bisa mengungkapkan dengan pasti waktu jatuhnya pesawat sampai beberapa hari sebelum itu terjadi.

Sumber : Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Saat anda berkomentar,mohon jangan menulis kata-kata yang kotor dan menulis kata-kata yang tidak berkaitan dengan Artikel yang anda baca.Selengkapnya,silakan baca disini.Jika anda melanggarnya,komentar yang anda sampaikan akan saya hapus.