Senin, 16 Januari 2012

Keindahan Pantai Sabang Tenangkan Pikiran

Sabang merupakan salah satu kota di Provinsi Nangroe Aceh Darussalam (NAD). Kota ini berupa kepulauan di seberang utara Pulau Sumatera, dengan Pulau Weh sebagai pulau terbesar. Keunggulan utama Sabang adalah wisata baharinya yang menawarkan surga bagi para penyelam.



Di sini Anda dapat menikmati alam bawah laut dengan menyelam dan menemukan ratusan spesies serta kekayaan terumbu karang alami alias bukan ditanam atau budidaya. Tidak lupa keelokan garis pantai yang indah, air laut nan biru dan bersih, serta pepohonan yang hijau. Pemandangan demikian tampak di Pantai Gapang dan Pantai Iboh. Bagi mereka yang pernah berkunjung, lokasi wisata ini disebut cocok untuk menenangkan pikiran.

“Bagi wisatawan yang ingin berkunjung, ada beberapa resor untuk disinggahi dan faslilitas yang ditawarkan juga sudah lengkap untuk wisatawan mancanegara maupun lokal,” ujar Fatur (28), wisatawan yang sempat berkunjung ke Sabang kepada okezone, Senin (16/1/2012).

Hal yang sama diungkapkan Erwin (30) yang menuturkan, karena kondisnya masih sangat alami, kondisi pantai yang landai dengan pasir putih menjadi daya tarik pantai-pantai di Sabang. Ditambah, karakter ombak yang relatif tenang cocok untuk berenang dan kegiatan wisata lain misal banana boat, jet ski, dan sebagainya.

“Cocok untuk wisatawan kalangan keluarga. Karena ombaknya tidak besar, anak-anak bisa berenang atau bermain pasir pantai yang halus. Panorama alam sekitanya juga bagus, bagus juga buat hunting foto,” sahutnya dihubungi secara terpisah. 

Pantai Gapang terletak di Pulau Weh, Sabang, dan menjadi salah satu tempat favorit bagi masyarakat Eropa. Perjalanan ke Pulau Gapang menghabiskan waktu satu jam dari Pelabuhan Balohan, Aceh. Anda akan merasakan keheningan yang sempuran di pualu ini.

Nama Gapang diambil dari nama pohon yang ada di sekitar pantai. Pohon yang besar dan teduh akan membuat Anda betah berlama-lama tidur santai di Pantai Gapang. Kegiatan berenang, snorkeling, dan menyelam dapat Anda coba karena lautnya jernih, biru dan sangat bersih. Anda akan menemukan berbagai macam biota laut, seperti ikan dan bintang laut yang jarang Anda temui di tempat lain.

Bagi para fotografer, alam di sekitar Pulau Gapang masih sangat alami. Anda akan sangat puas dengan kegiatan berfoto di tempat ini. Maka tidak heran banyak pengunjung dari Eropa yang datang. Sementara untuk Pantai Iboh dan Tugu Nol Kilometer, fatur berujar bahwa sebuah kebanggaan bila wisatawan dapat mencapai tempat ini, yang berada di ujung paling barat Indonesia.

“Kedua tempat tersebut sangat menarik untuk didatangi karena dengan biaya lumayan mahal, tapi sebanding dengan pemandangannya,” tandasnya. 

Erwin menjelaskan, Pantai Iboh memiliki kelebihan adalah panorama alam sekitarnya bagus sehingga menarik untuk berburu objek foto sedangkan Tugu Nol Kilometer suasananya tenang, wisatawan juga bisa menikmati pemandangan lautan lepas.

Pohon hutan tropis yang menjulang pun mampu memayungi pasir pantai terlalu indah, bahkan sebagian wisatawan dapat mencoba naik berayun di antara pepohonan atau berenang di Pantai Iboh yang terkadang juga disebut sebagai “Teupin Layeu”.

Pantai Iboh kalau dilihat dari letak geografisnya berbentuk seperti huruf “U”. Uniknya lagi, bencana tsunami tidak terlalu banyak berdampak ke Iboh lantaran berada di lokasi yang tersembunyi.

Begitu banyak wisata menarik di Sabang. Namun sayang, hal ini tidak didukung dengan transportasi yang memadai menuju kawasan wisata ini juga faktor kebersihan di tempat tujuan.

“Sarana transportasi umum belum bisa menjangkau ketiga tempat ini, setahu saya angkutan umum masih jarang. Wisatawan kebanyakan carter mobil pribadi. Kalangan wisatawan backpaker akan kesulitan kalau memilih Sabang sebagai tujuan,” tandasnya.

Ia menjelaskan, akomodasi seperti penginapan sudah ada, tapi kebanyakan masih kelas melati, seperti di Gapang untuk resor baru dan baru ada satu yang dikelola pemerintah. Sementara, di Pantai Iboh sudah mulai ada investor untuk resor.

“Sarana akomodasi ini harus segera direalisasikan agar para wisatawan nyaman merasakan keindahan ketiga tempat wisata itu,” ujarnya.

Selain Sabang, 14 destinasi yang menjadi unggulan di 2012 antara lain Pangandaran, Toba, Kota Tua-Jakarta, Tanjung Puting, Bromo-Tengger-Semeru, Batur-Bali, Rinjani, Toraja, Derawan, Raja Ampat, Bunaken, Komodo-Kelimutu-Flores, Wakatobi, dan Borobudur.


Sumber : okezone.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Saat anda berkomentar,mohon jangan menulis kata-kata yang kotor dan menulis kata-kata yang tidak berkaitan dengan Artikel yang anda baca.Selengkapnya,silakan baca disini.Jika anda melanggarnya,komentar yang anda sampaikan akan saya hapus.