Minggu, 08 Januari 2012

Belajar Tentang Registry Editor (Regedit)

Adakah dari anda yang belum tau tentang Registry Editor (Regedit) ? Jika dari anda yang belum tau,saya akan membantu anda untuk mengetahuinya ? Sebenarnya,sudah banyak postingan tentang Registry Editor yang kebanyakan tentang Registry Editor (Regedit) ini ? Jadi,bagi anda yang belum tau,saya akan berbagi kepada anda tentang istilah-istilah yang terdapat pada Regedit ini.Pertama,saya akan memberitahu kepada anda bahwa Registry adalah konfigurasi sistem Windows yang terinstall pada komputer.Fungsi Registry ini adalah untuk mengatur bagaimana hardware dan software komputer kita berjalan.Segala bentuk setting yang kita lakukan pada tampilan Windows sebenarnya merupakan bahasa dan kode tertentu yang akan tersimpan pada Registry.Artinya,Registry adalah induk konfigurasi Windows.


Registry terdiri atas file system.dat dan user.da yang berada di direktori Windows.File-file ini memiliki backup otomatis pada file system.da0 dan user.da0.

Registry Editor memiliki 5 root utama,antara lain : 
  1. HKEY_LOCAL_MACHINE
    Memuat informasi tentang setting Windows dari seluruh pengguna komputer,meliputi hardware dan software
  2. HKEY_CLASSES_ROOT
    Subkey dari HKEY_LOCAL_MACHINE - Software - Classes.Memuat informasi yang memastikan bahwa file dibuka dengan aplikasi yang benar
  3. HKEY_USERS
    Memuat data tersimpan dari seluruh pengguna komputer
  4. HKEY_CURRENT_USER
    Subkey dari HKEY_USERS
    Memuat berbagai informasi tentang pengguna komputer
  5. HKEY_CURRENT_CONFIG
    Memuat informasi tentang profil hardware yang dijalankan komputer yang sedang hidup
Istilah-Istilah yang terdapat dalam Registry Editor :
  1. Key : tempat tujuan di mana kita akan mulai mengedit Value Name
  2. Value Name : sebuah nama / kode yang dipakai komputer dalam menyimpan registry yang sangat banyak dan berada di komputer.
  3. Data Type : tipe dari Value Name.Terdiri dari :
    ~ String Value
    ~ Binary Value
    ~ DWORD Value
    ~ Multi-String Value
    ~ Expandable String Value 
  4. Data : sebuah perintah / kode yang diberikan pada Value.Untuk registry yang bersifat Enable dan Disable,data yang dipakai adalah 1(Aktif / Enable) dan 0(Tidak Aktif / Disable)
Itulah pembelajaran tentang Registry Editor bagi anda yang menyukai tips-tips komputer.

Semoga Bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Saat anda berkomentar,mohon jangan menulis kata-kata yang kotor dan menulis kata-kata yang tidak berkaitan dengan Artikel yang anda baca.Selengkapnya,silakan baca disini.Jika anda melanggarnya,komentar yang anda sampaikan akan saya hapus.