Jumat, 06 Januari 2012

Jika Phobos Grunt Jatuh Di Sekitar Rumah Anda,Hal yang harus Dilakukan

Berdasarkan analisis astronom Ma'rufin Sudibyo, dalam rentang waktu tersebut, Phobos-Grunt akan melintas di atas Indonesia. Konsekuensinya, ada kemungkinan wahana dengan target Phobos, bulan Mars, ini akan jatuh di wilayah Nusantara.


Ma'rufin mengatakan, ada waktu-waktu yang harus diwaspadai terkait jatuhnya Phobos. Waktu tersebut adalah dini hari sekitar pukul 03.00-5.00 WIB dan sore hari mulai pukul 13.00 WIB hingga 16.00 WIB. Pada saat itulah Phobos-Grunt akan melintasi Indonesia.

Apa yang harus dilakukan jika Phobos-Grunt jatuh di Indonesia? "Yang utama adalah, jika di sekitar tempat tinggal Anda mendadak ditemukan reruntuk aneh di antara tanggal 9 hingga 20 Januari 2012 dan sebelumnya terdengar suara menggelegar di langit di kala fajar atau sore hari, jangan pernah berusaha menyentuhnya atau mendekatinya terlalu dekat," kata Ma'rufin.

Lewat akun Facebook-nya, Kamis (5/1/2011), Ma'rufin meminta agar siapa pun yang menemukan benda yang diduga reruntuhan Phobos-Grunt segera melaporkan temuan itu kepada pihak berwenang. Setelah itu, mintalah pihak berwenang untuk secepatnya menghubungi LAPAN agar prosedur penanganan sampah antariksa bisa dilaksanakan secepat mungkin.

Jatuhnya Phobos-Grunt harus diwaspadai karena diperkirakan material yang lolos hingga Bumi mencapai 200 kg. Phobos-Grunt dilengkapi material tahan panas sehingga lebih masif dari satelit UARS dan ROSAT yang jatuh tahun lalu.

Warga juga diminta tidak mendekati objek tersebut karena ada bahan kimia berbahaya berupa Dimetil Hidrazin. Bahan ini bisa mengakibatkan kulit melepuh seperti menderita luka bakar. Tidak ada jaminan bahan ini akan menguap di atmosfer.

Jika material Phobos-Grunt sampai jatuh ke kawasan padat penduduk, maka kejadian mirip jatuhnya meteor di Duren Sawit akan terulang. Meski demikian, dikatakan bahwa potensi jatuhnya komponen di daerah padat penduduk tergolong kecil.

Ma'rufin mengatakan, jika material sampai merusak rumah atau properti lainnya, warga juga diminta menyertakannya dalam laporan. Sesuai ketentuan, kerusakan akibat jatuhnya sampah antariksa akan mendapatkan ganti rugi.

Phobos-Grunt adalah misi berbiaya Rp 1,5 trilliun. Wahana ini direncanakan sampai di Phobos tahun 2012, tetapi wahana ini gagal melakukan misinya.


Sumber : Kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Saat anda berkomentar,mohon jangan menulis kata-kata yang kotor dan menulis kata-kata yang tidak berkaitan dengan Artikel yang anda baca.Selengkapnya,silakan baca disini.Jika anda melanggarnya,komentar yang anda sampaikan akan saya hapus.