Rabu, 28 Desember 2011

Pesta Danau Toba Ideal Digelar Juni Setiap Tahun


Pelaksana Tugas Gubernur Sumatra Utara Gatot Pujo Nugroho menilai penyelenggaraan Pesta Danau Toba setiap tahun, yang dijadikan sebagai agenda kepariwisataan Nasional idealnya dilakukan bulan Juni atau saat libur sekolah, agar pengunjung semakin ramai.

"Pelaksanaan Pesta Danau Toba (PDT) 2011, rasanya kurang pas diselenggarakan pada saat akhir tahun seperti sekarang ini," ujar Gatot di Parapat, Selasa (27/12).

Menurutnya, jika dibandingkan penyelenggaraan PDT tahun 2010 lalu, sepertinya lebih ramai dan meriah, karena pelaksanaannya pada saat itu libur sekolah.

Namun pelaksanaan tahun ini, kata dia agak berbeda, meski cukup banyak perantau yang mudik, tapi mereka lebih banyak mengisi kegiatan lain, seperti Natal dan persiapan menjelang tahun baru.

Even pesta rakyat sebagai aset bangsa yang harus dilestarikan serta dipertahankan keberadaannya tersebut, lanjutnya, rasanya kurang tepat diselenggarakan pada bulan Desember, karena banyaknya acara Natal dan acara keluarga lain.

Ia mengatakan, jadwal rencana penyelenggaraan PDT selanjutnya telah disampaikan kepada Menteri Pariwisata sekaligus meminta agar even dimaksud dibuat sebagai kalender pariwisata, mengingat Danau Toba akan dijadikan sebagai kawasan strategis nasional.

Rencana menjadikan danau vulkanik terbesar di Asia tenggara itu menjadi kawasan strategis nasional.akan segera terwujud, sebab saat ini prosesnya sudah mencapai tahap finalisasi dan hanya tinggal menunggu persetujuan Presiden, karena penataan ruang telah rampung dikerjakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum.

Ia menyebutkan, untuk membangkitkan kembali kemeriahan PDT seperti tahun-tahun sebelumnya, bersama sejumlah Kepala Daerah se kawasan Danau Toba, mereka telah merumuskan suatu kesepakatan, pelaksanaan even PDT 2012 mendatang ketua panitianya akan ditangani Bupati daerah setempat.

"Pelaksanaan PDT 2012, kita rencanakan Ketua panitianya adalah Bupati Simalungun," kata Gatot.

Sumber : Media Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Saat anda berkomentar,mohon jangan menulis kata-kata yang kotor dan menulis kata-kata yang tidak berkaitan dengan Artikel yang anda baca.Selengkapnya,silakan baca disini.Jika anda melanggarnya,komentar yang anda sampaikan akan saya hapus.